Selasa, 03 Mei 2011

Belajar Alat Musik Gitar itu tidaklah Sulit

ini adalah seorang anak yang bernama Sunghajung. Bocah kelahiran 02 September 1996, yang sekarang ini berusia kurang lebih 15 tahun, sangat pandai memainkan gitar. Sehingga, nama nya sudah di kenal di dunia Internasional.


Apakah anda hanya dapat mendengarkan orang lain memainkan gitar dengan alunan musik yang indah?seberapa hobbykah anda ingin belajar gitar tetapi tidak dapat melakukan nya? Banyak orang berpikir, untuk memainkan sebuah alat musik gitar, dibutuhkan waktu yang sangat lama untuk belajarnya. Tetapi menurut saya tidak demikian, karena apabila kita sudah tau konsep dasar dalam latihan nya, saya yakin anda dapat dengan cepat dan mudah untuk melatihnya, bahkan dapat melakukan latihan sendiri dirumah. Gitar itu mempunyai banyak jenis-jenis kunci nada, tetapi hal yang harus kita ketahui awalnya adalah kunci-kunci dasar pada gitar itu sendiri.Bagaimana kalau kita langsung ke prakternya saja ya, daripada terlalu banyak teori.ha ha
Kunci-Kunci Dasar :           C    D   E    F   G    A   B   C
                                 atau   do   re  mi  fa  sol  la   si  do


Ket:  Angka 1 : Jari Telunjuk
         Angka 2 : Jari Tengah
         Angka 3 : Jari Manis
         Angka 4 : Jari Kelingking




Kunci C
          Posisi tangan seperti anak tangga dengan letak jari telunjuk di bagian bawah sebelah kiri pada senar kedua Grip pertama, jari tengah di letakan di Grip kedua senar ke empat, dan jari manis di letakkan di Grip ke tiga, senar ke Lima. Contoh nya seperti gambar di samping.                                    
Kunci D

Posisi Jari telunjuk terletak pada senar ketiga Grip kedua, Jari tengah terletak pada senar pertama di Grip kedua. Posisi jari telunjuk dan jari tengah sejajar. Dan posisi jari manis terletak pada senar kedua di Grip ketiga. Seperti yang kita lihat pada contoh gambar disamping.














Kunci E





Posisi Jari telunjuk berada di senar ketiga di Grip yang pertama, Kemudian Jari tengah diletakkan di senar kelima di Grip kedua. Dan Jari manis di letakkan di Senar keempat grip kedua, persis tepatnya berada dibawah jari tengah seperti gambar disamping.













Kunci F


Gambar disamping adalah kunci F.Posisi jari telunjuk berada di senar kesatu dan senar kedua di Grip pertama (ditekan secara bersamaan), kemudian jari tengah diletakkan di senar ketiga di Grip kedua, dan jari manis di letakkan di senar keempat di grip ketiga. Untuk lebih jelas nya, perhatikan gambar disamping.















Kunci G



ini adalah kunci G. Dengan posisi jari Telunjuk berada di senar kelima di Grip kedua, kemudian Jari tengah diletakkan di senar keenam di Grip ketiga, dan Jari manis diletakkan di senar kesatu di grip ketiga. Jari tengah dan jari manis sejajar. Terlihat seperti gambar disamping.


















Kunci A


Posisi jari Telunjuk berada di senar ke 4 di grip kedua, kemudian Jari Tengah berada di senar ke 3 Grip kedua, dan jari manis terletak pada senar kedua di grip kedua pula. Ketiga posisi Jari tersebut sangat sejajar.












 
Kunci B
 Gambar disamping adalah Kunci B. Posisi Jari telunjuk, berada di senar kesatu dan senar kelima (ditekan secara bersamaan).
Tetapi, Jari telunjuk tersebut terlihat seperti menekan senar kesatu-kelima (seperti gambar disamping). Kemudian jari Tengah terletak pada senar keempat di grip keempat. Kemudian, Jari manis Di letakkan pada senar ketiga di grip keempat pula. Dan jari kelingking, diletakkan pada senar kedua di Grip keempat (sama dengan jari Tengah dan Jari manis).


Penjelasan diatas tersebut adalah jenis-jenis kunci dasar pada gitar yang pada mesti nya sebagai pemula harus menguasainya.Gmna?Gampang kan?
yang penting, sebagai pemula dalam bermain gitar harus mempunyai gitar sendiri (jangan minjem).haha..karena kalau punya sendiri, gitar tersebut lebih dapat sering dimainkan kapan saja, dimana saja, daripada punya orang laen,,,,hahaha..


(ini adalah video Sungha Jung ketika Ia sedang memainkan lagu accoustic Michael Jackson - Billie Jeans)
Cekidot..

 Ok...sekian sampai disini aja teknik-teknik dasar dalam bermain gitar untuk pemula.Thanks.
Indahnya berbagi.

God Bless all...

1 komentar: